Males bolak-balik ngecek Forum Panther Mania? Mainan Twiiter? Sekarang Forum PM terintegrasi dengan Twitter, dan thread baru akan di post di twitter. Follow us on @maniapanther



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tuning 1= Port Polish
Author Message
Ikwan S Offline
Moderator ~ |PM-028|
******

Posts: 972
Joined: Nov 2010
Reputation: 13



Post: #1
Tuning 1= Port Polish
Port Polish.

Dalam setiap tuning Tuning dikenal istilah port polish, port polish biasa diartikan sebagai teknik penghalusan saluran masuk dan buang pada sebuah mesin,. kliatan sangat sepele tapi dengan port polish yang benar, akan dirasakan efek yang luar biasa. karena sebuah mesin yang udah di tune tanpa di port polish maka akan membuat perjalan udara dan bahan bakar menjadi tidak lancar ( dalam istilah komputer kita kenal dengan bottle neck)
Bagaimana menerapkan teknik yang benar pada port polish.

Apa yang disebut dengan port Polish

port polis dapat dikatan cara memaksimalkan performa mobil dengan cara menghaluskan/ memlancar arus bahan bakar keruang bakar

Proses Port Polish

Kita bayangkan bila kita akan melakukan perjalanan jalan raya tempat bertemunya alat transport, dengan makin banyak penghalang dijalan, misal polisi tidur, benda2 asing, penyempitan pada perempatan, pasar tumpah dll, tentunya perjalanan kita akan terhambat bukan.
Hal ini juga berlaku pada saluran masuk bahan bakar dan buang sebuah mesin, dengan pembuatan mesin secara massal biasannya akan ditemukan beberapa kekurangan disain atau kehalusan dari proses pencetakan logam, yang berakibat pada kekurang halusan permukaan saluran. Hal ini bisa mengakibatkan efek turbulensi, ketika efek turbulensi terjadi maka kelancaran bahan bakar akan terhambat.
memang kliatan sepele, tapi kita bayangkan sebuah mesin diesel yang bekerja pada 3000 putaran permenit... dimana tiap detik akan terjadi sekitar 50 x siklus input dan output saluran bahan bakar. hal ini menyebabkan port polish akan berpengaruh besar pada sebuah mesin.

Keuntungan dan kerugian port polish

keuntungan, tentu performa akan lebih baik, aliran bahan bakar yang makin lancar tentunya akan membuat respons mesin menjadi lebih baik. untuk kerugian kemungkinan sejauh ini hanya ditemukan pada pemakaian bahan bakar yang lebih banyak,... ( hal ini disebabkan karena dengan mesin makin enteng akan membuat pengemudi makin entusias sehingga makin gatal menginjak pedal gas

Port Poish Kecil Kecilan Pada Ispan.

Kita bisa melakukan port polish kecil kecilan sendiri ( tidak harus ekstrim dengan membuka silender cop dll ) caranya
1. buat pemilik mesin 4JA1 non Turbo ... coba dibuka tutup intake mesin ( cover plastik yang ada tulisannya Direct injection,... coba dibuka dengan membuka 8 baut pengikatnya... setelah terbuka nanti akan terlihat saluran intake ispan anda yang kotor karena kerak arang .... bisa di bersihkan sendiri.. setelah itu dituutup kembali... pembersihan ruang masuk udara (inteake manifold) akan memperlancar jalur udara yang masuk di ruang bakar ...
2. buat pemilik mesin yang udah berturbo... bisa dengan cara memperhalus gasket knalpot pada saluran exhaust antara turbo dengan knalpot. ( pada bagian ini bila dibuka kadang ukuran gasket terlalu kecil sehingga menyumbat aliran gas buang setelah turbo menuju knalpot.dengan udara buang yang lebih lancar keluar dari turbo maka turbo akan berspul dengan makin cepat ...

Beberapa Kesalahan Persepsi

Kadang ada salah pendapat yang salah ditangkap oleh masyarakat awam,bahwa saluran masuk yang dibikin halus akan membuat aliran makin lancar lalu akan makin kencang. kadang tidak diketahui secara umum bahwa pada tipe beberapa mesin memang dirancang oleh pabrik untuk menciptakan turbulensi di ruang bakar, dengan adanya turbulensi diruang bakar sedikit banyak akan menjadi sempurna. sehingga ada beberapa kasus setelah selesai port polish malah akan menurunkan performa. ( walau kasus nya sedikit )
Akhir kata teknik port polish tidak akan maksimal bila tidak diikuti dengan perbaikan disektor lain ( krn mesin bekerja secara sinergis )
Sleepy

PM - 028
http://yamatoikwan.blogspot.com/
Kalau bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
Pakai Diesel Hari Ini, Esok & Masa Depan[/size]
02-01-2011 06:36 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
BADAK Offline
Member
***

Posts: 129
Joined: Dec 2010
Reputation: 1



Post: #2
RE: Tuning 1= Port Polish
Nice info pakdhe
02-01-2011 09:05 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
112Ben Offline
PM 206 - KPP/KIPK/PKIF
***

Posts: 111
Joined: Nov 2010
Reputation: 1



Post: #3
RE: Tuning 1= Port Polish
buat C223 gmn om?
02-05-2011 10:12 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Ikwan S Offline
Moderator ~ |PM-028|
******

Posts: 972
Joined: Nov 2010
Reputation: 13



Post: #4
RE: Tuning 1= Port Polish
(02-05-2011 10:12 PM)112Ben Wrote:  buat C223 gmn om?

Sementara buat C223 belum ada,... maklum aku dulu pake C223 cuman dikantor aja, jadi ngak sempat utak atik mesin C223 Cry

PM - 028
http://yamatoikwan.blogspot.com/
Kalau bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
Pakai Diesel Hari Ini, Esok & Masa Depan[/size]
02-07-2011 07:03 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Didik Siswandi Offline
Moderator001-Jember
******

Posts: 485
Joined: Nov 2010
Reputation: 7



Post: #5
RE: Tuning 1= Port Polish
(02-05-2011 10:12 PM)112Ben Wrote:  buat C223 gmn om?

Untuk c223 ya harus buka rumah filter udara, trus buka itu intakenya.
Pasti di dalam intake akan ada kotoran/jelaga yang harus dibersihkan.
Bawa intake ke tukang bubut untuk dihaluskan. Instal ulang semuanya seperti sedia kala. Selese dah... heheheheheeeee....
Selamat ber DIY.

"DIESEL MENUJU LEBIH BAIK"
Jooss gandos
Grin
02-09-2011 12:30 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
112Ben Offline
PM 206 - KPP/KIPK/PKIF
***

Posts: 111
Joined: Nov 2010
Reputation: 1



Post: #6
RE: Tuning 1= Port Polish
(02-09-2011 12:30 AM)Didik Siswandi Wrote:  Untuk c223 ya harus buka rumah filter udara, trus buka itu intakenya.
Pasti di dalam intake akan ada kotoran/jelaga yang harus dibersihkan.
Bawa intake ke tukang bubut untuk dihaluskan. Instal ulang semuanya seperti sedia kala. Selese dah... heheheheheeeee....
Selamat ber DIY.

OK om.. keknya sih ga gitu susah ya,
tp katanya dulu kalo mau bukan intake mesti ganti paking head ke intake manifol ya?
kalo iya brapa duit ya pakingnya?
adakah parts lain yang wajib ganti kalo buka itu?
masangnya mesti pake kunci torsi gak?
takutnya ngerubah std pabrikan..

pengen buka nih dah taunan ga pernah dibuka..
kalo liat dari lobang airfilter dah itemm dalemnya sisa2 uap oli numpuk

(02-07-2011 07:03 PM)Ikwan S Wrote:  Sementara buat C223 belum ada,... maklum aku dulu pake C223 cuman dikantor aja, jadi ngak sempat utak atik mesin C223 Cry

ok bro thx..Smile
02-15-2011 02:56 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Hendra Offline
Junior Member
**

Posts: 12
Joined: Dec 2010
Reputation: 0



Post: #7
RE: Tuning 1= Port Polish
Pakdhe,kalo buat 4JA1 N/A, yang lebih ekstremnya gimana? Pernah dengar info dari mekanik, kalo PnP buat panther 2.3 sih ada hasilnya. cuma kalo buat 4JA1 rada mubazir. Mereka udah pernah nyoba di Isuzu Elf dan Panther 2.3. Hasilnya memuaskan. Solar lebih irit dan tenaga lebih powerful.
03-22-2011 07:16 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Ikwan S Offline
Moderator ~ |PM-028|
******

Posts: 972
Joined: Nov 2010
Reputation: 13



Post: #8
RE: Tuning 1= Port Polish
(03-22-2011 07:16 AM)Hendra Wrote:  Pakdhe,kalo buat 4JA1 N/A, yang lebih ekstremnya gimana? Pernah dengar info dari mekanik, kalo PnP buat panther 2.3 sih ada hasilnya. cuma kalo buat 4JA1 rada mubazir. Mereka udah pernah nyoba di Isuzu Elf dan Panther 2.3. Hasilnya memuaskan. Solar lebih irit dan tenaga lebih powerful.

Sebenarnya sebelum menaikkan performa mesin terlebih dahulu kita harus memahami prinsip dasarnya, sebuah mesin itu adalah proses perjalanan bahan bakar + udara yang kemudian diledakkan di ruang kompresi lalu menjadi tenaga dan kemudian udara hasil pembakaran itu dibuang ....

Jadi menaikkan performa ada beberapa jenis antara lain:
- memperlancar perjalanan udara + bahan bakar.
- memperlancar proses udara hasil pemabajkaran
- efisiensi pembakaran ( disini bisa menaikkan kompresi, perbaikan sudut pengapian(bensin), pemakaian bahan bakar oktan/ c3tane tinggi, efisiensi katup2 dll

berhubung kita berbicara mesin diesel dimana pengaturan tenaga ada pada semprotan (jumlah solar) maka pada mesin diesel dapat dibebani udara sebanyak mungkin, tanpa takut terjadi campuran lean (tidak seperti mesin bensin yang mensyaratkan perbandingan sekitar 1:14,7)

Jadi pada dasarnya untuk mesin normaly aspirated kalo mau ekstrim ya
- perbanyak udara dan bahan bakar yang masuk ( bisa pasang turbo + nosel injection yang lebih besar ( menambah pasokan bahan bakar )
- mengatur ulang waktu timing pengabutan, mempertinggi kompresi ...
- memperlancar jalur masuk udara dan ekshaust manifold,

kalo mau mudah dan ringan ya seperti yang sering dipost:
- ganti filter lebih free flow bisa yang murah kayak sakura ( ato mau rada ekstrim bisa menambah jalur lubang angin pada rumah filter angin ( panther punyaku ada lubang tambahan 2 buah selebar 3x5cm lalu lubang itu diberi snorkel ) ( kekurangan filter udara jadi lebih mudah kotor )
- sedikit perbanyak pasokan solar ( setel baut setelan solar )
- kalo mesin kondisi top, bisa pake olie encer ( grade 0-30 / 10-30 ) makin encer olie mesin akan mengurani beban mesin
- sedikit majukan timing pengabutan
- trakhir sering latih mesin buat lari high rpm ......
Hmm

PM - 028
http://yamatoikwan.blogspot.com/
Kalau bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
Pakai Diesel Hari Ini, Esok & Masa Depan[/size]
03-22-2011 06:52 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Hendra Offline
Junior Member
**

Posts: 12
Joined: Dec 2010
Reputation: 0



Post: #9
RE: Tuning 1= Port Polish
Pakdhe,bisa minta dipost gak gambar jalur tambahan pada housing filter udara? Trus cara bikinnya gimana? Sorry ya Pakdhe,bisanya cuma ngerepotin. Hehe.. Big Grin
03-22-2011 09:35 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Ikwan S Offline
Moderator ~ |PM-028|
******

Posts: 972
Joined: Nov 2010
Reputation: 13



Post: #10
RE: Tuning 1= Port Polish
(03-22-2011 09:35 PM)Hendra Wrote:  Pakdhe,bisa minta dipost gak gambar jalur tambahan pada housing filter udara? Trus cara bikinnya gimana? Sorry ya Pakdhe,bisanya cuma ngerepotin. Hehe.. Big Grin

Gampang kok, Tinggal beli karet antara karburator dan filter udara punya Honda astrea grand ( 5 ribu rupiah ) itu kan kayak leher angsa, bentuknya bulat lalu kita tinggal bikin lubang pada dinding rumah filter udara ispan , sesuai besarnya mulut karet itu, lalu dipasang ... ( ntar kalo dak lupa aku posting )
Grin

PM - 028
http://yamatoikwan.blogspot.com/
Kalau bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
Pakai Diesel Hari Ini, Esok & Masa Depan[/size]
03-23-2011 07:26 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump: